Rabu, 05 Desember 2018

PHILOSOPHY, PRINCIPLE DAN MODEL PENGEMBANGAN WILAYAH



Pengembangan merupakan konsep yang selalu berkaitan bagi setiap individu keluarga masyarakat, bangsa dan negara yang selalu dibahas dan dianalisa. Pengembangan wilayah merupakan bagian dari pengembangan masyarakat, memainkan peranan yang sangat vital bagi suatu negara, kelompok maupun individu. Pengembangan berarti menjadi lebih baik, baik ditinjau  dari segi sosial maupun finansial (spiritual).
Pengembangan ditinjau dari perspektif sosial berarti perubahan sosial, perubahan kearah perbaikan standard dan kualitas hidup, kesejahteraan masyarakat. Dimana perubahan sosial adalah hasil interpelasi antara berbagai faktor non-sosial, kultural serta norma-norma sosial.
Pengembangan wilayah juga diharapkan mampu membekali masyarakat melalui       (1) logical (2) ethical (3) estetical melalui peningkatan pengetahuan (education/pendidikan), peningkatan keterampilan (training/latihan) sehingga mampu mengelola atau membantu diri sendiri atau orang lain melalui disemintion of information (penyuluhan), memanfaatkan potensi kelautan dan perikanan baik yang sudah maupun yang belum digali untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat kelautan dan perikanan khususnya dan bangsa Indonesia umumnya untuk (1) perbaikan standar kualitas hidup atau kesejahteraan masyarakat, (2) kemajuan sosial, (3) perbaikan techno economic, dalam hal perbaikan kondisi, nilai dan supply yang berwawasan lingkungan dan sustainable (berkelanjutan)
Pengembangan wilayah diarahkan untuk melaksanakan program pro poor (pengentasan kemiskinan), pro growth (pertumbuhan), pro job (penyerapan tenaga kerja) dan pro environment (melestarikan lingkungan) serta sustainable (berkelanjutan) sebagai langkah strategis dalam mencapai peningkatan kesejahteaan masyarakat (properiority).
Phylosophy of Developments :
1.    Man as teh center of developoment
2.    Man has self help and self relience (kemandirian)
3.    Man has environmental concern
4.    Sustainable (berkelanjutan)
5.    Kesejahteraan (upliftment of standard and quality of life)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar